Fungsi Pembuluh Darah Pada Manusia

Advertisement
Fungsi Pembuluh Darah Pada Manusia - Pada kesempatan ini Mutiara Putih akan share mengenai fungsi pembuluh dara pada manusia, Selain fungsinya pembuluh darah juga dibedakan menjadi 3 macam. Langsung saja kita simak bersama fungsi pembuluh darah pada manusia.



Pengertian Pembuluh Darah pada Manusia adalah bagian dari sistem sirkulasi dan berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jenis-jenis yang paling penting, arteri dan vena, juga disebut demikian karena mereka membawa darah keluar atau masuk ke jantung. Kerja pembuluh darah membantu jantung tuk mengedarkan sel darah merah atau eritrosit ke seluruh tubuh.dan mengedarkan sarimakanan, oksigen dan membawa keluar karbon dioksida  Selain jantung sebagai alat pemompa darah, darah juga memerlukan pembuluh darah untuk beredar ke seluruh tubuh. Pembuluh darah berbentuk bulat, dengan ukuran yang beragam. Diameternya sekitar 0,01 hingga 20 mm.

Berdasarkan fungsinya, pembuluh darah dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

1. Pembuluh darah arteri serta fungsinya :
    Dimana darah mengalir yang dipompa dari bilik menjauhi organ jantung.

2. Pembuluh darah vena dan fungsinya :
    Pembuluh darah yang berfungsi membawa darah dari kapiler menuju ke jantung

3. Pembuluh darah kapiler dan fungsinya ;
sebagai tempat dimana terjadi pertukaran antara zat kimia dengan air di dalam sistem peredaran darah

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. jika diraba, denyut jantungnya tidak terasa. Pembuluh vena mempunyai katup sepanjang pembuluhnya. Katup ini berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah tetap mengalir menuju jantung. Jika vena terluka, darah tidak memancar tetapi merembes.
Dari seluruh tubuh, pembuluh darah balik bermuara menjadi satu pembuluh darah balik besar, yang disebut vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melalui serambi kanan. Setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh vena ini membawa darah yang kaya oksigen. Jadi, darah dalam semua pembuluh vena banyak mengandung karbon dioksida kecuali vena pulmonalis.

Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung.
Sistem sirkulasi sangat penting dalam mempertahankan hidup. Fungsi utamanya adalah menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel, serta mengangkut zat buangan seperi karbon dioksida. Pada negara berkembang, dua kejadian kematian utama disebabkan oleh infark miokardium dan stroke pada sistem pembuluh nadi, misalnya arterosklerosis.

Jangan Lupa Baca Juga :
Advertisement