Fungsi Jantung Pada Manusia

Advertisement
Fungsi Jantung Pada Manusia - Pada kesempatan ini Mutiara Putih akan share artikel tentang fungsi jantung pada manusia semoga saja dapat bermanfaat, langsung saja kita simak apasih fungsi jantung yang ada pada tubuh kita ini???



Apa fungsi jantung bagi manusia?
Fungsi jantung bagi manusia adalah untuk memompa darah. Jantung sisi kanan akan menerima darah dari seluruh tubuh dan memompanya ke paru-paru. Jantung sisi kiri akan menerima darah dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh. Dengan demikian, darah akan terus menerus berputar di dalam tubuh. Oleh karena itu, peredaran darah disebut juga sistem sirkulasi.
Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah jantung. Berat jantung orang dewasa lebih kurang 300 gram. Cara kerja jantung dapat kita rasakan melalui denyutan jantung. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Dinding jantung bagian bilik lebih tebal daripada dinding jantung bagian serambi. Otot dinding jantung bagian bilik lebih tebal karena kerja bilik lebih berat yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua yatu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi atau arteri ialah pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung. Pembuluh balik atau vena ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke jantung.

Pembuluh nadi yang terbesar disebut aorta. Pembuluh balik yang terbesar ada dua yaitu pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah. Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Peredaran darah ada dua jenis, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung.

Cara kerja jantung
Keadaan jantung saat memompa darah (kontraksi) adalah menguncup, sedangkan saat tidak memompa darah (relaksasi) adalah mengembang. Hal ini mengakibatkan darah mengalir keluar dan masuk jantung.

a.    Jika kedua serambi jantung mengembang, maka darah dari pembuluh balik akan masuk ke serambi.

b.    Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka darah dari serambi masuk ke bilik.

c.    Jika kedua bilik menguncup, maka darah keluar dari bilik (jantung) menuju ke pembuluh aorta.

Denyut nadi dan denyut jantung setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap orang. Jumlah denyut nadi pada waktu tidak melakukan aktivitas fisik disebut frekuensi denyut nadi. Pada anak-anak denyut nadi berkisar 90 sampai 100 denyut setiap menit. Pada orang dewasa, jumlah denyut nadi berkisar 70 sampai 80 denyut setiap menit. Akan tetapi jika seseorang banyak melakukan gerakan fisik, jantungnya dapat berdenyut sampai tiga kali lipat.

                                        Jangan Lupa Baca Juga :
Advertisement