Pengertian Inti Sel (Nukleus)

Advertisement
Pengertian Inti Sel - Pada kesempatan ini Mutiara Putih akan share sebuah artikel yang berjudul Pengertian Inti Sel, tentu banyak sahabat yang ingin tahu Apa itu Inti Sel?? nah kalau begitu kita langsung saja simak pengertian Inti Sel di bawah ini:

Pengertian Inti Sel



Pengertian Inti Sel (Nukleus) - Nukleus merupakan organ terbesar sel, dengan ukuran diameter antara 10-20 nm. Nukleus memiliki bentuk bulat atau lonjong. Hampir semua sel memiliki nukleus kare neukleus ini mempunyai tugas mengontrol kegiatan yang terjadi di sitoplasma. Di dalam nukleus terdapat kromosom yang berisi DNA yang merupakan cetak biru bagi pembentukan berbagai protein terutama enzim. Enzim sangat diperlukan dalam menjalankan berbagai fungsi di sitoplasma.

Inti sel terdiri dari bagian-bagian yaitu:1. Selaput inti (karioteka)
2. Nukleoplasma (kariolimfa),
3  Kromatin/kromosom,
4. Nukleolus (anak inti).

Fungsi dari inti sel adalah mengatur semua aktivitas sel karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi DNA untuk mengatur sintesis protein.

Komposisi Nukleus Terdiri Atas Membran Nukleus, Matriks, dan Anak Inti.

Membran Nukleus (Karioteka)
Susunan molekul membran ini sama dengan susunan molekul membrane sel, yaitu berupa lipoprotein. Membran inti juga dilengkapi dengan pori-pori yang dapat memungkinkan hubungan antara nukleoplasma dan sitoplasma. Pori-pori ini berperan dalam memindahkan materi antara inti sel dan sitoplasmanya.

Membran inti hanya bisa dilihat dengan jelas dengan menggunakan mikroskop elektron. Membran inti terdiri atas dua selaput yaitu selaput luar dan selaput dalam. Selaput luar mengandung ribosom pada sisi yang menghadap sitoplasma dan sering kali berhubungan dengan membrane retikulum endoplasma.

Matriks (Nukleoplasma)
Nukleoplasma terdiri atas cairan inti yang tersusun dari zat protein inti yang disebut dengan nukleoprotein.

Anak Inti (Nukleolus)
Di dalam nukleolus banyak terkandung kromosom, yaitu benang-benang halus DNA. Kromosom tersebut berfungsi untuk:

    - menentukan ciri-ciri yang dimiliki sel;
    - mengatur bentuk sel;
    - menentukan generasi selanjutnya.

Demikian artikel tentang Pengertian Inti Sel semoga dapat membantu sahabat yang lagi mengerjakan tugas sekolah, Kami juga menyediakan beberapa menu lainnya salah satunya ialah Pengertian Membran Sel.
Advertisement