Fungsi Indera Peraba (Kulit) Pada Manusia

Advertisement

Fungsi Indera Peraba (Kulit) Pada Manusia - Pada kesempatan ini saya akan share artikel mengenai Fungsi Indera Peraba (Kulit) semoga saja dapat  bermanfaat bagi kita semua, Langsung saja kita simak bersama. Seluruh tubuh kita dilapisi oleh kulit, Kulit berfungsi sebagai indera peraba dan pelindung tubuh. Dengan kulit, kita dapat membedakan permukaan kasar dan permukaan halus. Demikian pula, kita dapat membedakan benda panas dan benda dingin.Kulit juga melindungi tubuh dengan cara melapisi tubuh.   

Fungsi Indera Peraba (Kulit) Pada Manusia


1.    Bagian-bagian kulit
Kulit terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan luar disebut juga epidermis. Lapisan dalam disebut juga dermis
Lapisan luar tersusun atas dua lapisan, yaitu kulit arid an lapisan maipighi. Kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang selalu mengelupas dan digantikan oleh sel-sel di bawahnya. Kulit ari berpungsi  mencegah masuknya bakteri dan menguapnya air dari tubuh. Lapisan Malpighi tersusun atas sel-sel yang aktip membelah diri.Sel terluar lapisan Malpighi mati dan kemudian menggantikan sel kulit ari yang mengelupas.
Lapisan dalam tersusun dari jaringan lemak, kelenjar, keringat, saluran keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, dan saraf penerima rangsang yang disebut reseptor.  
2.    Cara kerja kulit
Sentuhan yang kita lakukan pada semua benda menghasilkan rangsang. Rangsang itu diterimah oleh reseptor kulit. Kemudian, rangsang ini diteruskan oleh reseptor ke otak. Dengan demikian, kita dapat meraba suatu benda.
Otak juga akan memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsang itu. Karen informasi yang cepat, tubuh kita dapat terhindar dari bahaya luar, misalnya saat kita menyentuh benda yang panas. Jika tubuh tidak tahan terhadap panas itu, maka secera reflex tubuh akan menghindari benda panas itu. Dengan demikian, tubuh terhindar dari kerusakan yang lebih fatal.

Demikian artikel tentang Fungsi Indera Peraba (kulit) semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua, tentunya pada sahabat yang lagi ngerjakan tugas sekolah. (Mp)
Advertisement