Pengertian Hidung Dan Fungsinya

Advertisement
PengertianHidung Dan FungsinyaKali ini sahabat Mutiara Putih akan share sedikit tentang pengertian hidung dan fungsinya, langsung saja kita simak bersama.
Pengertian Hidung adalah fitur yang paling menonjol terletak di tengah wajah manusia. Organ saluran pernapasan bagian atas, secara aktif terlibat dalam inhalasi. Fungsi Hidung yang paling penting adalah menyaring udara atmosfir sebelum melewati lebih jauh ke dalam sistem pernapasan dan memberikan indera penciuman. Bahkan, ia bertindak sebagai antarmuka antara udara dari bagian pernapasan tubuh dan udara atmosfer. Pada saat bernapas, udara yang masuk melalui lubang hidung yang menyebabkan rongga hidung, yang selanjutnya lolos ke faring, trakea, bronkus, dan akhirnya, ke paru-paru.

Struktur hidung manusia terdiri dari tulang, tulang rawan, dan jaringan fibrofatty. Dan fitur eksternal dari hidung atau jenis hidung tergantung pada tulang dan tulang rawan. Menurut bentuk dan ukuran hidung manusia, mereka dapat diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda seperti Romawi atau bengkok, Yunani atau lurus, Nubia, elang, pesek, dan pergantian up jenis. Ras manusia dapat diidentifikasi dengan jenis hidung, misalnya, orang Eropa memiliki panjang, sempit, elevasi besar (ketinggian ujung hidung di atas bibir), dan vertikal mengatur lubang hidung.
Struktur pendukung dari bagian atas hidung sebagian besar terdiri dari tulang. Bagian paling atas dekat soket mata terdiri dari dua tulang hidung, yang terkait dengan tulang frontal dahi. Tulang-tulang hidung yang bergabung untuk membentuk jembatan hidung. Pada sisi, mereka terhubung dengan proses lateral rahang atas dengan membran fibrosa yang sulit. Di dasar, tulang hidung yang terhubung dengan septum dan lateral tulang rawan hidung. Bagian bawah hidung terdiri dari tulang rawan. Ini kartilago memberi bentuk pada fitur eksternal dari hidung.
Hidung terdiri atas bagian-bagian berikut:

 lubang hidung dan rongga hidung. Rongga hidung memiliki permukaan yang selalu basah yang disebut selaput lendir. Pada selaput lendir rongga hidung sebelah atas terdapat indera pembau. Indera pembau pada setiap ujungnya memiliki rambut getar berjumlah 5 untuk menerima rangsang bau-bauan yang biasanya berupa gas atau uap. Apabila bau dari suatu zat masuk melalui lubang hidung kemudian mengenai indera pembau, maka akan  menimbulkan rangsangan yang kemudian diteruskan ke saraf pembau ke otak untuk diterjemahkan.
Demikian artikel tentang Pengertian Hidung Dan Fungsinya semoga saja dapat bermanfaat.
Advertisement