Kupu-Kupu Bantimurung

Advertisement

ImageKawasan Taman Nasional Bantimurung, di wilayah Maros, Sulawesi Selatan yang merupakan kawasan konservasi hutan lindung dan hutan produksi dikenal sebagai habitat kupu-kupu yang unik dan langka seperti Papilo Androkles dan Papilo Blumei yang tak pernah dijumpai di tempat lain.
Kupu-kupu ini berterbangan di sekitar pepohonan, bunga liar maupun kawasan sungai dan danau di kawasan Taman Nasional Bantimurung. Banyaknya kup-kupu Bantimurung pun akhirnya menjadi icon kota Maros.
    
Keindahan dan kecantikan kupu-kupu Bantimurung pun akhirnya menyadarkan seorang warga Ali Muntahar, untuk mengawetkannya sebagai cinderamata. Tak heran kini banyak dijumpai cinderamata maupun hiasan dari kupu yang dijajakan di sekitat lokasi wisata air terjun Bantimurung. 

Setiap pagi ia bersamabeberapa warga sekitarnya berburu kupu-kupu yang berterbangan bebas di kawasan sekitar hutan maupun sungai. Dengan jarring sederhana mereka menangkap kupu-kupu satu per satu.  

Namun ia sadar, banyaknya perburuan mengancam populasi yang berkembang di alam bebas. Karenanya Pak Ali Muntahar pun menangkarkan kupu-kupu yang ia tangkap di penangkaran belakang rumahnya.

Kupu-kupu yang ditangkap kemudian di lepaskan di penangkaran hingga kemudian bertelur. Setelah bertelur kupu-kupu akan mati dengan sendirinya. Kupu yang mati inilah kemudian diawetkan untuk dijadikan cindera mata. 

Sementara telur yang menempel di ranting akan menetas menjadi ulat kemudian bermetamorfoses menjadi kepompong dan akhirnya berubah menjadi kupu-kupu. Hasil penangkaran kupu-kupu pak Ali kini mampu menampung sepuluh sepecies dengan jumlah mencapai ratusan ekor. Dengan melambungnya kupu Bantimnurung membuat pesanan cinderamata Pak Ali pun meningkat. 

Tidak hanya untuk dijual di sekitar taman nasional Bantimurung, penanan cinderamata kupu-kupu juga datang dari berbagai daerah. Dengan ketekunannya, Pak Ali kini dapat dinikmati kecantikan dan keindahan kupu Bantimurugn sepanjang masa sekaligus menjaga kelestariannya.

Bagaimana keindahan dan kecantikan kupu-kupu Bantimurung? Bagaimana kondisi kehidupan kupu di habitatnya? Bagaimana cara menangkarkan kupu-kupu? Serta     berapa nilai ekonomis cinderamata kupu-kupu?
 
Advertisement