Pengertian Ginjal Dan Fungsinya

Advertisement
PengertianGinjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.
Ginjal terletak di daerah perut yang berada di belakang. Jika dilihat dari tulang belakang maka berada pada sisi kiri dan kanan. Aliran renalis merupakan aliran darah pada ginjal, bagian-bagian ginjal antara lain bernama korteks yang ada diluar ginjal dan medulla pada bagian dalam ginjal.

Fungsiginjal sangat berperan dalam tubuh manusia. Organ bentuknya mirip dengan kacang ini merupakan organ ekskresi pada vertebrata. Fungsinya sebagai penyaring kotoran yang dibuang melalui urin.
Selain pembuangan zat sisa, ginjal juga memproduksi 3 hormon penting yaitu:
·         Erythropoietin (EPO) yang merangsang tulang untuk memproduksi sel darah merah
·         Renin yang mengatur tekanan darah
·         Vitamin D yang memiliki sifat aktif, yang membantu menjaga kebutuhan kalsium dalam tulang dan keseimbangan zat dalam tubuh
Gejala Kerusakan Ginjal
Gejala ini sering kali tidak terdeteksi secara nyata. Biasanya terjadi sakit secara umum sehingga sulit terdeteksi.Misalnya Sering sakit kepala atau kelelahan atau gatal – gatal seluruh tubuh.

Jika penyakit ginjal anda semakin memburuk, anda akan sering buang air kecil atau semakin jarang, kehilangan nafsu makan atau pusing dan muntah. Tangan atau kaki akan merasa bengkak atau baal, mengantuk dan kurang konsentrasi.
Pengaruh Proses Ginjal menjadi rusak
·         Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan ginjal menjadi rusak dan tidak sepenuhnya diketahui.
·         Para ilmuwan masih mempelajari bagimana protein dan kadar kolesterol dalam darah mempengaruhi kinerja ginjal. 
 Demikian artikel tentang Pengertian Ginjal Dan Fungsinya semoga bermanfaat.



Advertisement