Pengertian Demokrasi

Advertisement
Pengertian Demokrasi - Kata Demokrasi berasal dari bahasa Yunani δημοκρατία atau dēmokratía yang berarti "kekuasaan rakyat" yang terbentuk dari δῆμος atau dêmos "rakyat" dan κράτος atau kratos "kekuatan" atau "kekuasaan" pada abad ke-5 SM untuk menyebut sistem politik negara-kota Yunani.Demokrasi itu dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat, seperti pesta demokrasi materi referensi.

Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Di semua pemerintahan demokrasi sepanjang sejarah kuno dan modern, kewarganegaraan demokratis tetap ditempati kaum elit sampai semua penduduk dewasa di sebagian besar negara demokrasi modern benar-benar bebas setelah perjuangan gerakan hak suara pada abad ke-19 dan 20. Kata demokrasi  sendiri sudah ada sejak abad ke-16 dan berasal dari bahasa Perancis Pertengahan dan Latin Pertengahan lama.
Demikian artikel tentang Pengertian Demokrasi semoga bermanfaat. (MP)
Advertisement