Pembawa Dan Penerima Islam Di Indonesia

Creator: MUTIARA PUTIH Selasa, 21 Januari 2014 2 komentar

Pembawa Dan Penerima Islam Di Indonesia Perkembangan Islam di Indonesia sangatlah mudah karena adanya pedagang. Dengan demikian para pedagang mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses islamisasi di Indonesia. Dengan itu penyebaran islam dilakukan dua cara yaitu dengan adanya pembawa dan penerima islam di Indonesia.

Pembawa Dan Penerima Islam Di Indonesia

Pembawa dan Penerima islam di Indonesia yaitu:
  •  Pembawa Islam ke Indonesia

Para ahli sejarah saling berbeda pendapat tentang golongan pembawa agama Islam ke Indonesia.
Menurut pembawa Christian Snouck Hurgronje dan J.P. Monguetta, agama Islam di bawa ke Indonesia oleh para pedagang yang berasal dari Gujarat, India.Pendapat tersebut dibuktikan dengan adanya batu nisan Malik Al Saleh di Samudra pasai yang berasal dari daerah Gujarat di India.
Menurut Hamka,agama Islam di bawa ke Indonesia oleh orang-orang Arab sendiri, sebab aliran syafii yang ada di Indonesia berasal dari Mekah, Arab.
Sedangkan menurut Husein Jayadiningrat agama islam di bawa ke Indonesia oleh para pedagang dari Persia (Iran). Hal itu dibuktikan dengan adanya ajaran tasawuf, serta batu nisan Maulana Malik Ibrahim yang berasal dari Persia.
  • Penerima Islam di Indonesia

Agama Islam pertama kali diterimah oleh para pedagang, sebab merekalah yang berhubungan langsung dengan para pedagang Islam. Selanjutnya agama Islam di terima oleh para bupati di pesisir, sebab mereka juga aktif dalam perdagangan. Di samping itu para bupati di daerah pesisir (pantai) juga sedang berusaha untuk melepaskan diri dari kekuasaan pusat, misalnya Demak ingin melepaskan diri dari Majapahit. Karena factor-faktor itulah para bupati berhubungan erat degan pedagang-pedagang Islam.Setelah para bupati dan penguasa lainnya memeluk agama Islam maka diikuti pula oleh rakyatnya.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

siiip..! :)

naela mengatakan...

hahay.. trimaksih infonya ya...!

Poskan Komentar