Menstruasi Pada Wanita

Creator: MUTIARA PUTIH Sabtu, 17 Desember 2011 0 komentar
Apakah menstruasi itu? Mengapa menstruasi hanya terjadi pada wanita? Menstruasi adalah proses meluruhnya sel-sel dari dinding uterus, sel telur yang tidak dibuahi, dan darah keluar dari dalam tubuh melalui vagina. menstruasi hanya terjadi pada wanita kerena hanya wanita yang menghasilkan sel telur. Bagaimanakah proses menstruasi?
Siklus menstruasi pada seorang perempuan terjadi setiap periode tertentu, misalnya 28 hari. Namun demikian, siklus menstruasi tersebut sangat bervariasi untuk setiap perempuan, yaitu berkisar antara 24-40 hari. Apakah yang mengendalikan siklus tersebut? Perubahan-perubahan apa yang terjadi selama siklus menstruasi?
Perubahan dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan yang terjadi pada organ reproduksi perempuan dikontrol oleh hormon yang dihasilkan kelenjar pituitari dan ovarium. perubahan-perubahan yang terjadi selama siklus menstruasi menyangkut pemasakan sel telur dan penebalan dinding rahim agar siap menerima sel telur yang telah dibuahi. Pemasakan sel telur dan penebalan dinding rahim dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.
Kurang lebih pada hari ke-14 dari siklus menstruasi yang berkisar 28 hari, sel telur lepas dari ovarium dan dikenal sebagai peristiwa ovulasi. Sel telur dapat bertahan hidup selama 24-48 jam dan berjalan sepanjang saluran telur menuju ke rahim atau uterus. jika sel telur tersebut tidak dibuahi, maka akan meluruh (rusak). penebalan dinding rahim juga akan meluruh dan terjadi pendarahan. Peristiwa tersebut terjadi setiap bulan dan dikenal sebagai menstruasi. Lamanya menstruasi biasanya berlangsung 4-6 hari.
Mengapa pada wanita yang telah lanjut usia tidak lagi mengalami menstruasi? Saat memasuki masa lanjut usia, ovarium tidak lagi memproduksi sel telur (ovum), sehingga seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi. Keadaan ini disebut juga menopause.

0 komentar:

Poskan Komentar